Tentang Meditasi - cara bermeditasi untuk mengurangi stres dan meningkatkan kemampuan mental

No Comments



Di sini anda menemukan definisi umum tentang meditasi, dan teknik meditasi yang mudah dijelaskan.

Meditasi adalah sekelompok teknik pelatihan mental. Anda dapat menggunakan meditasi untuk memperbaiki kesehatan mental dan kapasitas, dan juga untuk membantu meningkatkan kesehatan fisik. Beberapa teknik ini sangat sederhana, sehingga anda dapat mempelajarinya dari sebuah buku atau artikel; yang lain memerlukan bimbingan oleh guru meditasi yang berkualifikasi.

APA MEDITASI

Sebagian besar teknik yang disebut meditasi mencakup komponen-komponen ini:
1. Anda duduk atau berbaring dalam posisi santai.
2. Anda bernafas secara teratur. Anda bernafas cukup dalam untuk mendapatkan cukup oksigen. Saat Anda bernapas, Anda mengendurkan otot-otot anda sehingga paru-paru anda dikosongkan dengan baik, tapi tanpa ketegangan.
3. Anda berhenti memikirkan masalah dan masalah sehari-hari.
4. Anda memusatkan pikiran anda pada beberapa suara, beberapa kata yang anda ulangi, beberapa gambar, beberapa konsep abstrak atau beberapa perasaan. Perhatian anda harus ditunjukkan pada objek yang telah anda pilih untuk dipusatkan.
5. Jika beberapa pemikiran asing masuk, Anda hanya menghentikan pemikiran asing ini, dan kembali ke objek meditasi.

Teknik meditasi yang berbeda berbeda sesuai dengan tingkat konsentrasi, dan bagaimana pemikiran asing ditangani. Dengan beberapa teknik, tujuannya adalah berkonsentrasi begitu intens sehingga tidak ada pikiran asing yang terjadi sama sekali.
Pada teknik lainnya, konsentrasinya lebih rileks sehingga pikiran asing mudah muncul. Ketika pikiran asing ini ditemukan, seseorang menghentikan ini dan kembali ke meditasi murni dengan santai. Pikiran muncul, akan sering mengenai hal-hal yang telah anda lupakan atau sembunyikan, dan memungkinkan anda menemukan kembali materi memori tersembunyi. Penemuan kembali ini akan memiliki efek psikoterapeutik.

EFEK MEDITASI
Meditasi memiliki efek sebagai berikut:
1. Meditasi akan memberi anda istirahat dan rekreasi.
2. Anda belajar untuk rileks.
3. Anda belajar untuk berkonsentrasi lebih baik dalam pemecahan masalah.
Meditasi sering memiliki efek yang baik pada tekanan darah.
5. Meditasi memiliki efek menguntungkan pada proses tubuh bagian dalam, seperti sirkulasi, pernapasan dan pencernaan.
6. Meditasi teratur akan memiliki efek psikoterapeutik.
7. Meditasi teratur akan memudahkan sistem kekebalan tubuh.
8. Meditasi biasanya menyenangkan.

PERBEDAAN HYPNOSIS DAN MEDITASI

Hipnosis mungkin memiliki efek relaksasi dan psikotapeutik yang sama seperti meditasi. Namun, saat anda bermeditasi Anda mengendalikan diri; Dengan hipnosis anda membiarkan beberapa orang lain atau beberapa perangkat mekanis mengendalikan anda. Hipnosis juga tidak akan memiliki efek pelatihan terhadap kemampuan untuk berkonsentrasi.

BENTUK MEDITASI SEDERHANA
Berikut adalah bentuk sederhana dari meditasi. Dengan teknik meditasi ini, Anda harus berkonsentrasi dengan cara yang mudah. Ini akan memungkinkan pemikiran asing muncul. Ini ditangani satu per satu saat muncul. Anda lanjutkan sebagai berikut:
1. Duduklah di kursi yang bagus dalam posisi nyaman.
2. Santai semua otot anda sebaik mungkin.
3. Berhenti memikirkan apa saja, atau setidaknya usahakan jangan memikirkan apapun.
4. Breath out, santaikan semua otot di alat pernapasan anda.
5. Ulangi hal berikut dalam 10 - 20 menit:
- Breath sedalam-dalamnya sehingga anda merasa anda mendapatkan cukup oksigen.
- Breath out, santai dada dan diafragma anda sepenuhnya.
- Setiap kali anda bernafas, pikirkan kata "satu" atau kata sederhana lainnya di dalam diri anda. Anda harus memikirkan kata itu dalam waktu lama, dan agar anda mendengarnya di dalam diri anda, tapi sebaiknya hindari menggunakan mulut atau suara anda.
6. Jika pikiran asing masuk, hentikan pikiran ini dengan santai, dan terus berkonsentrasi pada pernapasan dan kata yang anda ulangi.
Saat anda melanjutkan meditasi ini, Anda harus merasa lebih santai dalam pikiran dan tubuh Anda, merasa bahwa anda terus bernapas dengan lebih efektif, dan sirkulasi darah ke seluruh tubuh Anda menjadi lebih efisien. Anda mungkin juga merasakan kenikmatan mental yang meningkat selama meditasi.

EFEK MEDITASI TERHADAP PENYAKIT
Sebagai jenis latihan apapun, meditasi bisa dibesar-besarkan sehingga anda merasa lelah dan lelah. Karena itu sebaiknya jangan bermeditasi begitu lama atau terkonsentrasi sehingga anda merasa lelah atau mental dikosongkan.
Meditasi terkadang memberi masalah bagi orang-orang yang menderita penyakit jiwa, epilepsi, masalah jantung serius atau penyakit neurologis. Di sisi lain, meditasi dapat membantu dalam perawatan kondisi ini dan kondisi lainnya.
Orang-orang yang menderita kondisi seperti itu harus memeriksa efek apa dari berbagai jenis meditasi terhadap jenis masalah kesehatan mereka sendiri, sebelum mulai berlatih meditasi, dan berhati-hatilah jika mereka memilih untuk mulai bermeditasi. Mungkin bijaksana untuk belajar meditasi dari seorang guru, psikolog, atau petugas kesehatan berpengalaman yang menggunakan meditasi sebagai modul pengobatan untuk penyakit yang sebenarnya.

back to top