7 Langkah untuk Melindungi Diri Anda dari Matahari Musim Dingin

No Comments


Kegiatan luar apa yang anda lakukan selama musim panas ini? Mungkin anda pergi berlibur ke pantai. Mungkin anda menghabiskan beberapa waktu bermain olahraga favorit anda seperti baseball, golf, atau tenis. Mungkin anda pergi berenang atau barbekyu di halaman belakang bersama keluarga dan teman. Terlepas dari kegiatan di luar ruangan yang anda lakukan selama musim panas, kemungkinan besar anda sadar bahwa penting melindungi diri anda dari sinar matahari saat berada di luar rumah.

Sekarang musim dingin sudah dekat. Saya mengalihkan perhatian saya untuk menyingkirkan barang-barang musim panas saya untuk memberi tempat bagi orang-orang musim dingin; kemeja lengan panjang untuk lengan pendek, celana korduroi untuk celana pendek, dan sepatu bot untuk sandal. Sebagian besar peralatan olahraga yang saya gunakan akan disingkirkan juga. Tapi bagaimana dengan barang-barang yang telah saya pakai untuk melindungi diri dari sengatan sinar matahari? Hal-hal seperti tabir surya, kacamata hitam, dan topi pelindung matahari dan pakaian.

Anda mungkin menyingkirkan barang-barang ini dan tidak menggunakannya selama musim dingin. Dewan Nasional Pencegahan Kanker Kulit melaporkan dalam buletin mereka pada bulan Januari 2003 bahwa penelitian menunjukkan hanya 3 persen orang Amerika yang secara rutin memakai tabir surya selama bulan-bulan musim gugur, dan hanya 2 persen selama bulan-bulan musim dingin. Namun, Anda masih bisa terkena sengatan matahari dan kebutaan salju selama bulan-bulan ini. Suhu yang lebih dingin tidak menghalangi sinar UV dan pantulan dari salju dan ketinggian yang lebih tinggi dapat membuat keadaan menjadi lebih buruk lagi. Anda mungkin menyebabkan kerusakan signifikan dan jangka panjang pada diri anda dengan melindungi diri dengan tidak benar.
Bagaimana anda melindungi diri anda dari matahari musim dingin (atau musim lainnya)? Ikuti langkah-langkah tindakan keselamatan matahari sederhana yang direkomendasikan oleh US Environmental Protection Agency:

Batasi Waktu di Matahari Tengah - Sinar matahari paling kuat antara pukul 10 pagi dan pukul 4 sore. Bila memungkinkan, batasi paparan sinar matahari pada jam-jam tersebut.

Kenakan Hat - Topi dengan porsi lebar menawarkan perlindungan sinar matahari yang baik ke mata, telinga, wajah, dan bagian belakang leher anda - area yang sangat rentan terhadap paparan berlebih terhadap sinar matahari.

Cover Up - Memakai pakaian tenun, longgar, dan full-length adalah cara yang baik untuk melindungi kulit anda dari sinar UV matahari.

Kenakan Sunglasses yang Memblokir 99-100% Radiasi UV - Kacamata tulis yang memberikan perlindungan UVA dan UVB 99-100% akan sangat mengurangi paparan sinar matahari yang dapat menyebabkan katarak dan kerusakan mata lainnya. Periksa label saat membeli kacamata hitam.

Selalu Gunakan Tabir Surya - Oleskan tabir surya spektrum luas dengan Sun Protection Factor (SPF) minimal 15 atau lebih tinggi secara bebas pada kulit yang terpapar. Diajukan kembali setiap 2 jam, atau setelah bekerja, berenang, bermain, atau berolahraga di luar rumah. Bahkan tabir surya tahan air bisa lepas saat anda melepas handuk, berkeringat, atau menghabiskan waktu dalam air.

Hindari Sunlamps dan Tanning Parlors - Sumber cahaya dari sunbeds dan sunlamps merusak kulit dan mata yang tidak terlindungi. Sebaiknya hindari sumber sinar UV buatan.
Perhatikan Indeks UV - Indeks UV memberikan informasi penting untuk membantu anda merencanakan aktivitas di luar ruangan anda dengan cara yang mencegah paparan berlebih terhadap sinar matahari. Dikembangkan oleh National Weather Service (NWS) dan EPA, Indeks UV dikeluarkan setiap hari di kota-kota tertentu di seluruh Amerika Serikat.

Saya akan membiarkan barang pelindung matahari keluar untuk menggunakan musim dingin ini. Saya percaya bahwa anda akan melakukan hal yang sama sehingga anda dapat menikmati alam bebas saat berada di udara dingin, di atas es, atau di salju. Memiliki musim dingin yang hebat dan aman!


Demikian artikel ini saya buat semoga bermanfaat untuk kita semua

back to top