6 Keuntungan Berat Bebas Lebih Dari Mesin Latihan

No Comments


Kira-kira setahun yang lalu, Sarah melihat sebuah infomercial tentang mesin latihan "multi unit". Penyiar menyebutnya sebagai "revolusioner" peralatan, mengklaim bahwa orang akan melihat hasilnya dalam "hanya 2-4 minggu". Ini menjalankan semua bagian tubuh utama dan model wanita yang ditunjukkan menggunakan mesin mengatakan bahwa "lebih aman dan lebih efektif daripada beban bebas."

Diintimidasi oleh gym sepanjang hidupnya, Sarah tahu memiliki gym rumahnya sendiri akan menjadi kunci baginya akhirnya mulai terbentuk. Dia pernah mendengar bahwa mesin lebih aman daripada beban bebas. Selain itu, mesinnya dilengkapi dengan "petunjuk video yang mudah diikuti". Harganya curam, tapi saat Sarah membayangkan mengubah tubuhnya, dia mendapatkan pujiannya dan meraih telepon.

Pada hari pengiriman, Sarah terkejut melihat bahwa dibutuhkan dua kali lipat ruang yang diberi tahu bahwa hal itu akan membatasi ruang di ruang yang sudah sempit. Bersemangat untuk memulai, dia muncul di video, dan melompat ke mesin. Sarah segera menemukan bahwa dia, 5'3 ", terlalu kecil untuk dipasang di mesin untuk beberapa latihan. Dia terus melanjutkan, mencoba untuk mengabaikan fakta bahwa punggung bawah dan lututnya mulai sedikit sakit.
Sarah menggunakan mesin revolusioner terbarunya persis tiga kali lagi. Selama enam bulan terakhir ini, pakaian garmennya yang tidak resmi.

Apa yang terjadi? Sarah mengira dia membeli mesin yang sangat mudah dioperasikan dan menjadi alternatif yang aman untuk beban bebas. Sayangnya, Sarah dan banyak lainnya sesat dengan hype yang dipasarkan dengan ketat oleh pengembang mesin. Ketika menyangkut keefektifan, terutama untuk berolahraga awal, bobot bebas (yaitu, dumbel) jauh lebih tinggi daripada mesin mahal dalam hal:

1. Biaya. Tiga atau empat set dumbel akan menelan Sarah kurang dari 10 kali jumlah yang dikeluarkannya di mesinnya. Seiring bertambahnya dia, dia harus membeli lebih banyak lagi, meski setepat sekalipun tidak akan mengembalikannya sama seperti mesin itu.

2. Ruang. Dumbbells mengambil ruang jauh lebih sedikit daripada kebanyakan peralatan olahraga yang dijual di infomersial. Anda dapat dengan mudah menempatkannya di lemari, tidak terlihat di bawah tempat tidur, atau di sudut jalan. Bahkan ada dumbel yang bisa anda sesuaikan (yaitu, PowerBlock) yang memungkinkan anda mengatur voltase pada satu set, sehingga menghilangkan kebutuhan akan dumbbell lobak tunggal.

3. Ragam. Kebanyakan mesin didesain satu dimensi. Bahkan mesin multi-unit yang paling luas akan memungkinkan senam untuk melakukan hanya sejumlah gerakan dalam rentang gerak terbatas. Bobot bebas bisa digunakan dalam rentang gerak berdasarkan alat olah raga, bukan mesin. Gunakan beban bebas bersama dengan bangku atau bola swiss dan anda memiliki banyak pilihan latihan.

4. Kesesuaian. Sarah tidak bisa menggunakan mesin "multi guna" untuk latihan tertentu karena mesinnya terlalu besar. Ini bukan masalah biasa. Meskipun sebagian besar mesin memiliki kursi yang dapat diatur, bantalan lengan, dan lengan pengungkit, ada batasan jangkauannya dan beberapa mungkin tidak sesuai dengan orang yang sangat kecil atau sangat besar. Namun, jika anda bisa meraih dumbbell, Anda bisa menggunakannya.

5. Fungsionalitas. Berolahraga dengan beban bebas meningkatkan kemungkinan bahwa efek latihan akan beralih ke situasi dunia nyata. Pikirkan tentang itu. Seberapa sering pada siang hari apakah Anda berbaring dalam posisi terlentang diagonal dan menekan berat badan seperti yang anda lakukan pada mesin press kaki? Mungkin tidak pernah. Tapi seberapa sering anda diharuskan melakukan aktivitas yang secara biomekanik identik dengan jongkok? Duduk, masuk dan keluar dari mobil, berjongkok untuk mengambil sesuatu sepanjang waktu! Dengan benar menggunakan bobot bebas akan meningkatkan fungsionalitas latihan ke situasi dunia nyata.

6. Keselamatan. Tampaknya berlawanan dengan intuisi untuk mempertimbangkan bobot bebas sebagai lebih aman daripada mesin. Sebagian besar dari kita pernah mendengar (di suatu tempat ..) bahwa kita bisa terluka dengan dumbel dan mesin itu "lebih aman." Mungkin hanya gagasan seseorang yang melakukan bench press yang besar, dengan mudah membayangkan kemungkinan seseorang kehilangan kontrol dengan jumlah bobot yang sama jika mereka mencobanya.
Keselamatan selama latihan lebih tentang bentuk, teknik, konsentrasi dan kontrol yang tepat daripada latihan aparatur. Seseorang bisa terluka pada mesin semudah dengan dumbbell jika bentuknya salah. Seperti biasa, Jika anda tidak tahu bagaimana melakukan sesuatu, temukan seseorang (yaitu pelatih yang memiliki reputasi baik) untuk menunjukkan caranya.

Keselamatan akibat olahraga merupakan isu jangka panjang. Tidaklah penting bagi tubuh untuk menstabilkan dirinya atau berat badan selama pergerakan pada sebagian besar mesin, karena alat beratnya tetap. Otot penstabil kunci tersebut kemudian tidak pernah diberi kesempatan untuk menjadi lebih kuat. Bobot bebas memungkinkan berolahraga menggunakan otot inti dan memungkinkan gerakan multi-pesawat yang memaksa berolahraga untuk memperkuat otot stabilizer, yang menopang sendi. Selama jangka panjang, bobot bebas lebih unggul dari mesin untuk membangun tubuh yang lebih kuat dan lebih fungsional.

Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk membeli peralatan olahraga yang tidak akan pernah anda gunakan dan tidak sesuai dengan kebutuhan anda. Beberapa set dumbel efektif, alternatif cerdas untuk membeli peralatan, terutama bagi mereka yang menyiapkan gym atau tempat latihan di rumah sendiri.

back to top